Peek.Me Naturals

Healthy Diet + Healthy Lifestyle = Healthy Skin

Kulit cerah muda berseri adalah impian semua wanita--dan bukan hanya DNA yang mempengaruhi kondisi kulit kita, tapi kebiasaan kita sehari-hari juga berperan penting, lho! Kulit adalah organ tubuh kita yang paling besar, jadi apa yang masuk ke dalam tubuh kita, akan muncul juga efeknya ke kulit.

healthy diet

  1. Minum cukup air putih, minimal 2 liter per hari untuk orang dewasa. Hidrasi yang cukup akan menjaga kulit dari kekeringan dan kondisi bersisik. Menggunakan pelembab pada kulit bisa menghidrasi lapisan kulit paling luar dan mencegah hilangnya air antar lapisan kulit (transepidermal water loss), tapi hidrasi dari dalam sangat penting untuk menjaga kecerahan kulit. Dengan cukup minum air, badan kita pun akan secara natural menjalani proses detoksifikasi--tubuh kita memiliki sistem homeostasis, yaitu mencapai keseimbangan ideal, jadi toksin akan otomatis dibuang melalui urine; ASAL kita cukup minum air putih.
  2. Asupan nutrisi yang sehat, makanan sehari-hari yang rendah lemak, tinggi serat, dilengkapi dengan sayuran dan buah-buahan yang cukup. Sayur hijau adalah cara alami untuk melawan radikal bebas, memberikan energi tambahan, dan mengoptimalkan daya tahan tubuh. Tambah lagi, kulit akan terjaga elastisitas dan daya regenerasinya. Tambahkan kolagen ke dalam asupan sehari-harimu, karena kolagen (terutama dalam bentuk hidrolisat, di mana molekulnya menjadi lebih mudah diserap tubuh) akan menjaga kekenyalan kulit, kesehatan kuku, sendi dan tulang.
  3. Mengurangi stress. Kok sering banget muncul ya si Mr. Stress ini kalau membahas soal kesehatan? Karena ya memang stress adalah faktor perusak paling besar buat kondisi tubuh kita. Yuk baca tips-tips relaksasi, mengurangi stress, dan mendapat tidur enak di blog post kita tentang stress.
  4. Gunakan produk perawatan wajah (skin care) yang tepat. Ini poin terakhir tapi bisa jadi poin yang paling penting di antara semua ini. Tidak ada kata terlalu awal untuk memulai menggunakan produk perawatan wajah, dan tidak ada kata terlambat untuk memulai.

"Aku baru berumur 26 tahun, nanti saja ya kalau sudah mendekati kepala 3, baru mulai cari produk skin care, gapapa kan?"

SALAH!


Berapa umur yang tepat untuk mulai menggunakan skin care: TIDAK ADA KATA TERLALU DINI. Perawatan wajib untuk kulit wajah paling baik dimulai sejak awal usia 20an. Pada usia inilah produksi antioksidan alami kulit kita mulai menurun fungsinya. Di usia 30an, metabolisme tubuh mulai menurun, dan produksi kolagen dan elastin juga ikut menurun--dua faktor penting dalam menjaga kekenyalan kulit, dan mencegah penipisan. Memasuki usia 40an keriput akan semakin menonjol, dan karena level elastin semakin rendah, kulit akan turun dan tidak bisa balik ke kondisi semula. Pada usia 50-60an, terutama bagi wanita yang sudah menopause, level estrogen yang menurun mengakibatkan kulit semakin kering, dan efek penuaan semakin terasa.

Jadi mulailah menggunakan skin care di usia 20an, dan tidak ada kata terlambat untuk yang belum memulai! Menambah asupan collagen, terutama dalam bentuk yang hydrolized seperti Beauty Bites Marine Collagen Powder, akan membantu kulit untuk tetap dalam kondisi sehat, berapa pun umur kita. Seperti yang dibahas di atas tadi, apa yang kita konsumsi, akan muncul efeknya pada kulit kita.

collapow

 

Proses penuaan adalah suatu kejadian alam yang pasti akan dialami semua orang, tapi kita tentu bisa memilih untuk menua dengan anggun, bukan? Seperti kata pepatah:

“Pretty is an accident of nature. Elegance is a self-created work of art.”

 

Bagaimana memilih produk perawatan yang tepat? Simak bahasan kita selanjutnya!

Makanan, Makanan, Makanan...

 

"Udah makan belum?"

Untuk orang Indonesia, kegiatan makan adalah acara favorit untuk dinikmati bersama orang-orang terdekat. "Ngafe yuk!" "Jajan ke sana dulu yuk, sebelum makan malam!" "Eh udah coba belum, restoran baru itu?" Rasanya topik tentang makanan tidak pernah habis.

Kalau makannya salad sayur dan buah, sih, tidak apa-apa... tapi kalau makannya nasi Padang, opor ayam, ketupat laksa, ditambah bakwan goreng dan martabak asin? Hasilnya adalah oily food overload!

 indi blend

 

Sebetulnya apa saja sih efek buruk dari makanan berminyak?

  1. Makanan berminyak memberatkan kerja sistem pencernaan kita: lemak memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh kita, dan diperlukan lebih banyak enzim pencernaan untuk memecah lemak.
  2. Membuatmu lebih sering ke toilet: BAB yang lembek atau berminyak adalah salah satu efek samping dari makanan yang masuk ke usus sebelum tercerna sempurna.
  3. Mengacaukan kerja bakteri baik di perut: kebanyakan makanan berminyak tidak mengandung lemak sehat yang didapati pada alpukat, ikan, atau extra virgin olive oil. Keseimbangan kadar asam lemak tubuh dikacaukan dan kondisi bakteri baik di perut pun melemah, sehingga menurunkan kinerja hormon dan daya tahan tubuh.
  4. Makanan berminyak bisa menimbulkan jerawat: jerawat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan/atau bakteri, jadi makanan berminyak mengakibatkan jerawat karena efek buruknya pada kondisi perut dan pencernaan kita
  5. Meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes: untuk orang yang makan gorengan 4-6 kali setiap minggunya, resiko jantung koroner meningkat 23% dan resiko diabetes tipe II meningkat 39%. Kenaikan resiko itu tentunya lebih tinggi lagi bagi orang yang mengkonsumsi gorengan setiap hari.

Apalagi kalau ditambah kebiasaan jelek berikut ini, yang secara negatif mempengaruhi kesehatan masyarakat Indonesia:

  • Makan sambil beraktivitas lain: 86% orang Indonesia melakukan ini--bisa menyebabkan kenaikan asam lambung (GERD/maag), kembung, dan begah
  • Makan sambil jalan kaki: 70% dari masyarakat Indonesia mengakuinya--saat berjalan kaki otak akan memproses banyak hal lain, dan mengakibatkan sinyal lapar-kenyang tidak lancar dari otak ke perut
  • Makan tengah malam: 67% responden Indonesia sering makan tengah malam--selain bisa menaikkan berat badan, kebiasaan ini juga mengakibatkan problem tidur, sakit kepala ringan, dan GERD
  • Tidak makan pagi: 63% orang Indonesia berkata mereka sering melewatkan sarapan--makan pagi sebetulnya paling penting untuk aktivitas sehari-hari kita, supaya otak dan tubuh bisa berfungsi optimal dengan asupan energi yang cukup

 

Selain dengan mengurangi kebiasaan-kebiasaan jelek di atas, apa lagi yang bisa kita lakukan supaya kita tidak mengalami efek samping dari makan kebanyakan (atau kebanyakan makan masakan berminyak)?

Peek.Me Naturals Indi Blend adalah racikan khusus yang diformulasi untuk melancarkan pencernaan, terutama untuk mengurangi naiknya asam lambung akibat iritasi karena konsumsi makanan tertentu (makanan pedas, asam, kopi, teh, dll) dan untuk mengurangi rasa begah dan kembung. Dengan gerakan pijat memutar searah jarum jam di perut, Indi Blend akan mengoptimalkan fungsi pencernaan dan membantu tubuh kita memproduksi enzim lipase yang memecah molekul lemak menjadi lebih kecil untuk dicerna.

Tapi ingat, tetap harus menjaga kebiasaan makan yang baik ya Peek.Me Friends!

.

"Stress, Jauh-jauhlah Dariku!"

Orang dulu bilang, "masuk angin" itu penyebab dari segala jenis keluhan kesehatan. Kalau orang jaman now bilang, "stress" itu penyebab yang nge-trend untuk segala jenis keluhan kesehatan.

Di masa modern ini banyak faktor, baik gaya hidup yang memiliki tekanan tinggi maupun lingkungan yang tidak kondusif (polusi, kemacetan, kurangnya dukungan sosiomoral), yang membuat tingkat stress meningkat drastis.

Riset menunjukkan kalau stress adalah faktor yang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kita--bukan hanya secara mental, tapi juga secara fisik. Stress yang dibiarkan tanpa ditangani bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Pengaruh stress terhadap tubuh, mood, dan perilaku:

  • sakit kepala dan nyeri otot
  • sulit tidur
  • masalah perut
  • kecemasan berlebih
  • motivasi dan fokus turun
  • kemarahan
  • kesedihan dan depresi
  • perubahan pola makan
  • pelarian ke alkohol, narkoba, atau rokok
  • menarik diri

Nah, gimana cara kita mengurangi stress?

Bisa berbagai macam cara lho!

1.  Makanan!

Betul, makanan tertentu bisa mengurangi level stress lho. Tapi bukan berarti jadi boleh sembarang makan yaa... Nanti kadar stress berkurang, kadar kolesterol yang bertambah... gawat! Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi stress:

  • Sayur berdaun hijau: seperti bayam, tinggi kandungan folatnya dan menghasilkan dopamine, yaitu komponen kimiawi yang memberi rasa nyaman.
  • Oatmeal: karbohidrat kompleks membantu otak memproduksi serotonin, yang mengurangi depresi. Betul, gula lain pun akan membantu, tapi pilihlah yang lebih sehat :)
  • Blueberry, dan buah berry lainnya, tinggi akan antioksidan. Stress berlebih menaikkan level radikal bebas dalam tubuh kita--antioksidan akan melawan radikal bebas ini dan mengoptimalkan daya tahan tubuh.
  • Magnesium (ditemukan pada biji-bijian seperti flaxseed, kuaci, yogurt, kacang-kacangan, dan ikan) bisa menstabilkan emosi dan mengurangi rasa lelah.
  • COKLAT! makanan favorit banyak orang ini, terbukti bisa menurunkan kadar hormon kortisol (pencetus stress) di tubuh. Selain itu, dark chocolate juga mengandung antioksidan yang bisa melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

 

2. Aktivitas fisik

Tidak harus mencapai 10,000 langkah setiap hari, tapi olahraga ringan dan aktivitas fisik rutin akan membantu mengurangi stress. Dengan bergerak, badan kita menghasilkan endorfin: zat kimia di otak yang berfungsi sebagai painkiller alami. Selain itu olahraga juga membantu kita untuk tidur lebih baik, yang secara langsung akan mengurangi level stress.

3.  Relaksasi

Baik dengan massage, refleksi, meditasi, yoga, atau bahkan hanya teknik pernafasan--relaksasi (jelas) akan menurunkan level stress kita. Kalau kegiatan ini (seperti yoga atau meditasi) dilakukan bersama-sama dengan teman atau keluarga,  efek baiknya berganda karena interaksi sosial positif juga akan mengurangi kadar stress kita.

4.  Aromaterapi

Beberapa komponen senyawa kimia yang terdapat pada essential oil terbukti efektif mengurangi stress, terutama apabila dihirup. Indra penciuman kita adalah indra yang berhubungan langsung dengan sistem limbik dan amygdala--bagian di otak yang mengontrol emosi, mood, dan ingatan (memori). Saat essential oil dihirup, molekul kimianya akan langsung bereaksi dengan reseptor di otak dan menghasilkan efek menenangkan, mengurangi ketegangan, dan membantu tidur. Beberapa essential oil yang bermanfaat untuk mengurangi stress: Lavender, Ylang Ylang, Bergamot, Yuzu, Clary Sage, Jasmine, Roman Chamomile, dan Vetiver. Atau untuk praktisnya, bisa juga menghirup inhaler Bye Bye Stress dari Peek.Me Naturals yang sudah diformulasi khusus untuk mengurangi stress dan menaikkan mood.

Kalau sudah dibiarkan terlalu lama, stress seperti hantu kolong ranjang yang makin hari jadi makin menakutkan buat anak-anak kecil. Segera berantas, sebelum makin banyak sistem tubuh dan mood kita yang terkena efek negatif dari stress. Ikuti tips-tips di atas untuk memeranginya :)