Peek.Me Naturals

Kenali Perutmu (...Dan Katup Lambungmu, Dan Ususmu, Dan....)

Kalau bertanya ke teman, gangguan pencernaan apa yang paliiiing sering dikeluhkan?

MAAG.

Sudah seperti momok, dan rata-rata orang pun bilang dengan santai, "Wah, maag gue lagi kambuh nih."

food fest

Ada ga sih yang seperti aku dan jadi penasaran dengan asal usul kata "maag" itu sendiri? Karena jelas bunyinya bukan seperti bahasa Indonesia. Nah TERNYATA, kata maag berasal dari bahasa Belanda de-maag yang artinya "lambung".

Sekarang ini memang semua keluhan yang berhubungan dengan gangguan pencernaan, seperti keluhan sakit perut, mual, muntah, kembung, begah, dan keluhan lainnya yang bermuara pada area perut dicemplungkan ke dalam satu kategori: SAKIT MAAG. Padahal dalam kedokteran tidak ada istilah penyakit maag lho!

 

Kalau di bahasa Inggris juga ternyata ada umbrella term seperti sakit maag, dan itu adalah heartburn/indigestion. Keduanya mencakup gejala seperti:

  • nyeri yang muncul di perut atas/tengah
  • rasa mual, muntah
  • sendawa
  • naiknya asam lambung ke mulut, atau bahkan naiknya makanan yang baru saja dikonsumsi
  • kembung

Seperti pernah dibahas di blog sebelumnya, bisa jadi sakit maag tidak menandakan adanya penyakit lain yang lebih parah, dan bisa diperbaiki dengan mengubah pola makan.

Tapi bisa juga maag/indigestion berakar dari penyakit yang memerlukan perhatian ekstra, antara lain:

  1. Gastritis (infeksi lapisan perut) umumnya disebabkan oleh bakteri H. pylori
  2. GERD (gastroesophageal reflux), atau naiknya asam lambung
  3. Masalah empedu
  4. Masalah tiroid
  5. Infeksi pankreas
  6. Kanker lambung (sangat jarang)

 

Di jaman sekarang ini banyak masalah maag yang berawal dari GERD, yaitu kondisi di mana katup antara kerongkongan dan lambung (LES-lower esophageal sphincter) tidak menutup sempurna setelah makan, sehingga asam lambung naik. Saking dekatnya hubungan antara maag dan GERD, di WebMD.com heartburn dan GERD dikelompokkan menjadi satu, dan antara lain bisa dibaca di sini:

  • https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/is-it-heartburn-gerd
  • https://www.webmd.com/heartburn-gerd/indigestion-overview#1
  • https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/what-is-acid-reflux-disease#1

 

Kalau Peek.Me Friends sering merasakan rasa nyeri di ulu hati, atau sering naik asam lambung (yang bisa memicu radang tenggorokan dan migraine), sudah pernah cobakah Indi Blend? Kandungan Roman Chamomile bersifat anti spasmodic dan mengurangi nyeri, selain itu Peppermint juga mengurangi gejala kembung dengan meredakan gas yang ada di saluran pencernaan (siap-siap menjauhi dulu orang lain supaya bisa bersendawa besar, BURP!), dan campuran essential oil lainnya yang bekerja sinergistik membantu meredakan nyeri, mengoptimalkan fungsi pencernaan, dan mengurangi gas. Tapi jangan lupa untuk menjaga pola makan yang baik (lihat artikel blog kami sebelum ini dan tips-tips di bawah).

Bahkan makin banyak anak kecil yang terdiagnosa dengan GERD, dan ada riset yang meneliti hubungan antara kebiasaan dan pola makan, dengan timbulnya GERD pada anak-anak usia PAUD:

  • anak GERD lebih sering memiliki kebiasaan snacking di larut malam
  • lebih banyak pola makan yang tidak teratur dan pemilih di kelompok GERD
  • anak GERD lebih memilih makanan lembek atau berkuah
  • jarak waktu makan malam dan waktu tidur terlalu pendek

 

Dan untuk orang dewasa, GERD juga sangat terpengaruh oleh stress dan kekhawatiran berlebih (anxiety), karena stress mempengaruhi fungsi pencernaan. Meskipun stress bukan merupakan faktor dasar penyebab GERD, tapi stress bisa memperparah gejala yang timbul. Sudah coba Bye Bye Stress Peek.Me Naturals? Inhaler yang formulasi essential oilnya meredakan kekhawatiran berlebih, membawa kondisi mental lebih tenang, dan menghindari stress.

Jangan lupa, health is your greatest wealth. Dan mencegah lebih baik daripada menyembuhkan :)

Bermain Mak Comblang Dengan Kulitmu

Mencari produk yang tepat untuk kulit wajah kita itu kadang seperti sedang mencari jodoh: cocok-cocokan, dan gampang-gampang susah. Yuk hari ini kita akan mencoba menjadi mak comblang, supaya kamu bisa mengetahui rangkaian perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu!

Pada umumnya ada tiga jenis kulit wajah: berminyak, kombinasi, dan kering. Banyak orang yang kebingungan menentukan jenis kulitnya. Ini cara yang mudah untuk tahu apa tipe kulitmu:

  1. Bersihkan wajah.
  2. Tunggu 1 jam. Jangan gunakan apapun pada wajah, dan jangan sentuh wajah dengan jari sekalipun.
  3. Gunakan tisu untuk melap area T-mu (dahi, hidung, dan dagu). Apakah tisu itu berminyak?

Kalau jawaban dari no. 3 adalah TIDAK, maka kulitmu termasuk jenis kering. Kalau jawabannya YA, kulitmu bisa jadi berminyak atau kombinasi. Selanjutnya perhatikan apakah area T-mu lebih berminyak daripada pipi? Apakah komedo/jerawat muncul hanya di area T? Kalau YA, maka kulitmu adalah jenis kulit kombinasi.

 

 

Kenapa penting untuk menentukan jenis kulit sebelum memilih produk skin care? Karena sebagian produk tidak cocok untuk kulit berminyak/berjerawat (bisa menimbulkan jerawat lebih banyak karena terlalu rich), dan sebagian tidak cocok untuk kulit kering (karena bersifat astringent, atau mengurangi produksi sebum). Kalau kamu suka membuat face oil sendiri dan kulitmu berminyak, misalkan, hindari penggunaan avocado oil atau rosehip oil terlalu banyak.

Untuk rangkaian skin care Peek.Me Naturals sendiri, panduan memilihnya adalah sebagai berikut:

 

CleanserPURE Cleanser untuk kulit berminyak/acne-prone (berjerawat), BALANCE Cleanser untuk kulit kombinasi, GLOW Cleanser untuk kulit kering atau usia 40 ke atas

Toner: Morning Dew toner, satu jenis saja untuk semua jenis kulit, fungsinya menyeimbangkan kadar pH kulit di titik ideal (sedikit asam), dan memberikan hidrasi pada lapisan epidermis atas

Moisturizer/SerumPURE Overnight Serum untuk kulit berminyak/acne-prone (berjerawat): bersifat antibakteri dan astringent, untuk mengurangi produksi sebum dan mengurangi jerawat), BALANCE Overnight Serum untuk kulit kombinasi: berfungsi menutrisi kulit secara seimbang dan menstabilkan produksi sebum, GLOW Overnight Serum untuk kulit kering atau usia 40 ke atas: menjaga elastisitas dan regenerasi kulit

Sunscreen: Ocean Fresh Day Cream SPF 15: produk partner kami yang sama-sama berkomitmen pada bahan natural dan aman

 

Sederhananya, orang dengan kulit berminyak akan lebih lama proses penuaannya (karena kadar sebum yang tinggi pada kulit akan menjaga kulit tidak cepat turun), tapi memiliki problem dengan bekas jerawat. Sedangkan orang dengan kulit kering biasanya memiliki kulit yang teksturnya mulus tanpa jerawat cystic (yang merah dan meradang), tapi masalahnya ada pada kondisinya yang kering dan mengakibatkan proses penuaan dimulai lebih dini.

 

Untuk kulit berminyak, Peek.Me Naturals memiliki produk (diluncurkan Agustus 2018) Anti Acne, sebagai spot treatment untuk mengatasi jerawat dan menyamarkan bekasnya. Anti Acne ini diformulasi dengan essential oil yang bersifat antiradang, antibakteri (seperti Frankincense), dan menggunakan base carrier oil yang sangat baik untuk menyamarkan bekas jerawat (antara lain Rosehip Seed oil).

Untuk kulit kering, ada serum Bye Bye Fine Lines yang diaplikasikan pada area rawan kerutan seperti smiling line, area dahi (di mana rentan muncul angka "11" di tengah alis yang menjadi momok bagi para wanita), dan sekitar mata. Bye Bye Fine Lines bisa digunakan juga mulai usia 30 ke atas untuk menjaga elastisitas dan daya regenerasi kulit tetap prima.

 

Make Up vs Skin Care

Tahukah kalian beda antara kosmetik dan perawatan wajah? Sebetulnya karena bahasa Indonesia sedikit rancu jadi pengertian orang antara keduanya seringkali bercampur aduk. Kosmetik adalah make up, rangkaian produk yang digunakan untuk memper'cantik' wajah: foundation, BB cream, bedak, lipstick, mascara, dll. Sedangkan perawatan wajah adalah skin care, rangkaian produk yang digunakan untuk menjaga kondisi kesehatan kulit wajah kita: pembersih, toner, serum, sunblock, eye cream, masker, vitamin, dll. Mana sebetulnya yang lebih penting? 

Sehari-harinya, banyak orang lebih mementingkan menggunakan make up daripada menggunakan skin care. Faktanya? Make up boleh jadi membuat kita terlihat lebih cling, bening, dan amazing; tapi make up akan membuat proses penuaan dini terjadi lebih cepat:

  1. Beberapa bahan yang umum ditemukan dalam makeup seperti dimethicone dan propylene menutupi pori-pori wajah--sebum (minyak alami pada kulit) dan keringat bisa terjebak dan mengakibatkan timbulnya jerawat.
  2. Pengaplikasian makeup menimbulkan keriput--seperti yang kita tahu, keriput terjadi karena pergerakan kulit: gaya gravitasi, ekspresi wajah sehari-hari, akumulasi semuanya akan perlahan-lahan mengakibatkan timbulnya kerutan halus di wajah kita. Bahkan menempelnya muka ke bantal saat tidur pun akan mempercepat timbulnya keriput, lho (makanya orang yang tidur telentang lebih punya kesempatan menjaga kulit lebih mulus). Nah, apalagi penggunaan kuas atau spons makeup pada wajah--kulit wajah akan tertarik-tarik, dan itu akan mempercepat munculnya keriput.
  3. Mitos bahwa pemakaian make up akan menjaga kulit dari sinar UV matahari. Mitos besar! Kecuali bedakmu memiliki SPF (sun protection factor), kulit tidak terlindung dari sinar matahari hanya karena kita menggunakan make up.
  4. Kadang kita lupa membersihkan make up, apalagi kalau kasur sudah memanggil-manggil di akhir hari yang panjang.... kebiasaan jelek ini akan mengakibatkan kotoran yang menempel di wajah (dan di make up) setelah seharian beraktivitas, terperangkap pada kulit dan merusak kulit selagi kita tidur.

Oke, jadi skin care penting untuk digunakan sehari-hari. Sebelum make up, gunakanlah produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kulit yang sehat bercahaya, akan membuat kita lebih pede juga keluar rumah tanpa full make up, karena tidak ada lagi jerawat yang mengganggu, tidak ada lagi kulit kusam yang mengesalkan.

Pertanyaan yang kemudian akan muncul adalah: "Aku malas menggunakan ini itu terlalu banyak, apa saja sih yang paling penting untuk dipakai?" "Bagaimana memilih produk yang tepat?"

Apa yang paling penting untuk digunakan sehari-hari:

  1. Cleanser: membersihkan kulit dari debris (partikel kecil sisa makeup, kotoran, keringat, dll)
  2. Toner: menyeimbangkan kondisi kulit
  3. Moisturizer/Serum: melembabkan dan menutrisi kulit
  4. Sunscreen: menjaga kulit dari faktor terbesar penuaan dini: SINAR MATAHARI—karena selain bisa menimbulkan flek hitam (hiperpigmentasi), sinar matahari juga bisa memicu timbulnya keriput dan menjadi salah satu faktor resiko kanker kulit.

Sebetulnya cukup empat itu saja lho, tidak susah kan? Simak post kita selanjutnya untuk pemilihan produk yang tepat berdasarkan jenis kulitmu!