Si Kecil Susah Tidur? Manfaat dan Cara Memijat Anak Bantu Tidur Nyenyak

Atasi si Kecil susah tidur dengan pijatan? Baby massage bermanfaat untuk membuat anak lebih rileks, tenang, dan nyaman sehingga dia tertidur lebih lelap dan tidak rewel.

Ada banyak cara dan riset yang diteliti dengan baik dan efektif untuk mendorong kesehatan dan perkembangan si Kecil. Nah, baby massage termasuk salah satunya! Cara tradisional satu ini masih dilakukan hingga saat ini, terbukti dengan ramainya para Ibu yang melakukan baby spa belakang ini.

Oleh karena itu, kita sangat bersemangat untuk membahas apa manfaat dan bagaimana melakukan baby massage di rumah. Pijatan untuk bayi pada dasarnya sebuah eksplorasi bagaimana sentuhan lembut kita dapat membuat si Kecil merasa lebih nyaman melalui titik-titik pijat untuk kesehatan dan perkembangan anak. 

Seperti yang dipaparkan dari laman Dreamland Baby, menurut National Sleep Foundation, pijatan untuk baju memberikan efek menenangkan pada tubuh dan pikiran. Selain itu, sentuhan ibu melalui pijat memiliki beberapa manfaat lainnya yaitu:

Meredakan sakit pencernaan

Gerakan pada area abdomen atau perut si Kecil dapat mengatasi konstipasi, perut kembung atau bergas, ataupun gangguan pencernaan lainnya yang membuat anak tidak merasa nyaman.

Mengurangi Stres

Disadur dari situs Nested Bean, menyatakan sentuhan ibu melalui pijatan mengeluarkan hormon dopamin dan oksitosin yang berperan mengelola stres.

Mempererat bonding

Salah satu penyebab bayi susah tidur, yaitu karena dia ingin merasa dekat dengan Ayah dan Ibu. Melakukan massage dapat menjadi waktu berkualitas untuk mempererat bonding dengan si Kecil. Sentuhan fisik skin-to-skin orang tua dan anak meningkatkan perkembangan emosi.

Meningkatkan Perkembangan Anak

Dikutip dari halaman Children Hospital of Richmond at VCU, mengatakan “pijatan Ibu atau Ayah meningkatkan kemampuan si Kecil dalam sisi emosi, cara bersosial, dan kognitifnya. Hal ini disebabkan karena menaikan syaraf respon serta menstimulasi pertumbuhan hormon pada area esensial yang mendukung perkembangan anak. 

Manfaat-manfaat tersebut membuat si Kecil lebih rileks serta mengurangi faktor yang membuatnya kurang nyaman untuk tidur. Jadi, memasukan kegiatan baby massage dalam rutinitas anak sebelum tidur sangat dianjurkan ya, Moms.

Baca Juga: 5 Langkah Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Baby Massage 101!

Disadur dari situs TheBump.com, menyatakan para dokter merekomendasikan orang tua melakukan pijatan di saat bayi berusia 3 bulan pertama dengan catatan dilakukan dengan sentuhan yang begitu lembut dan teknik yang tepat.

Moms, pastikan melakukan massage sejam setelah si Kecil minum ASI atau susu dan lakukan ketika anak dalam kondisi mulai tenang dan tidak tegang atau tense. Agar lebih maksimal, Moms bisa melakukan beberapa hal ini untuk rutinitas mengantar si Kecil tidur. Sleep routines membuat anak dapat belajar mengetahui waktu untuk beristirahat.

1. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur membuat si Kecil belajar tentang sleep hygiene yang juga bisa membuat kulit serta otot lebih rileks dan lembut.

2. Suasana tenang dan nyaman

Moms, bisa membuat suasana ruang yang nyaman, seperti lampu tidur yang lebih redup, tatakan handuk atau selimut yang hangat, ruang yang tidak berisik, dan menyalakan lagu tidur yang menangkan.

3. Gunakan minyak pijat alami dan aman: Peek A Boo

Peek A Boo merupakan minyak pijat 100% alami berbasis aromaterapi yang memiliki manfaat untuk menyehatkan fungsi pencernaan dan daya tahan tubuh anak. Aroma Peek A Boo yang segar dan manis membuat si Kecil dapat merasa lebih nyaman dan tenang.

Moms, dianjurkan menggunakan minyak pijat agar terasa lebih lembut dan nyaman ketika melakukan pijatan pada si Kecil. Pastikan menggunakan minyak pijat yang alami dan aman, agar tidak menyebabkan alergi atau ruam pada kulit bayi yang masih sensitif, ya.

4. Balut dengan pakaian yang nyaman

Hindari pakaian yang akan membuat bayi kedinginan ataupun lembab ya, Moms. Pakaian dan swaddle atau bedong yang nyaman, membuat si Kecil lebih mudah terlelap.

Selanjutnya, pertanyaan yang mungkin Moms ingin tahu yaitu, bagaimana cara melakukan baby massage yang tepat? Pijatan pada bayi untuk membantu tidur lebih nyenyak, dilakukan pada seluruh area tubuh si Kecil. Mulai dari telapak kaki, betis, paha, tangan, area perut, dan punggung. 

Agar Moms mempraktekan baby massage dengan tepat, yuk simak video youtube dalam channel Now Owned and Operated by Child Health BC yang memberikan tutorial langkah demi langkah dalam melakukan baby massage untuk Moms lakukan di rumah.

Sumber:

Dreamland Baby

Nested Bean

GridHealth

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out