Jangan Disepelekan! Ternyata Ini Lho Pentingnya Tidur Cukup

Masih banyak dari kita yang sering mengabaikan pentingnya tidur dalam waktu cukup. Padahal, tidur cukup adalah kunci dari fisik dan mental yang sehat.  Masih banyak dari kita yang sering mengabaikan pentingnya tidur dalam waktu cukup. Padahal, tidur cukup adalah kunci dari fisik dan mental yang sehat.

Banyak dari kita sering menyepelekan pentingnya tidur dalam waktu cukup dan lebih memilih untuk begadang sepanjang malam. Padahal, tidur cukup adalah kunci dari didapatkannya fisik dan mental yang sehat lho, Peek.Me Friends!

Melansir dari National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI), orang dewasa direkomendasikan untuk tidur selama 7 hingga 9 jam per hari. Selama tidur, tubuh akan memperbaiki kerusakan sel (regenerasi sel) serta menghasilkan hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan. 

Jika kita tidak mendapatkan tidur cukup, tubuh tidak bisa melakukan regenerasi sel secara optimal dan hal ini dapat menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan seperti obesitas, stroke, dan serangan jantung. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan turunnya imunitas tubuh, sulit fokus, hingga depresi.

Lantas, apa saja sih pentingnya tidur cukup bagi kesehatan? Selain dapat membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel dan menghasilkan hormon pertumbuhan, tidur dalam waktu cukup juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjauhkan kita dari berbagai penyakit, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Menurut P2TPM Kemenkes RI, tidur dan beristirahat cukup juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, menjaga mood agar selalu stabil, mencegah tekanan darah tinggi, serta membantu mengurangi berat badan berlebih. Luar biasa, bukan?

Masih banyak dari kita yang sering mengabaikan pentingnya tidur dalam waktu cukup. Padahal, tidur cukup adalah kunci dari fisik dan mental yang sehat.

Baca juga: Sulit Fokus dan Konsentrasi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Mendapatkan Tidur Cukup

Tidur yang berkualitas bisa didapatkan dengan melakukan beberapa cara. Untuk terhindar dari bahaya kurang tidur dan mendapatkan tidur cukup, Peek.Me Friends bisa mencoba cara-cara di bawah ini:

1. Tidur dengan jadwal teratur

Menurut P2TPM Kemenkes RI, tidur cukup dan berkualitas dapat diperoleh dengan mengikuti jadwal tidur yang teratur. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Hal ini akan membantu tubuh untuk membiasakan diri dalam mengatur pola tidur yang baik.

2. Hindari mengonsumsi kafein di sore hari

Kafein dapat mengganggu pola tidurmu dan dapat menjauhkanmu untuk mendapatkan tidur cukup. Maka dari itu, hindari minum kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya pada sore hari atau setidaknya dua jam sebelum tidur.

3. Buat suasana tidur yang nyaman

Supaya tidurmu nyenyak dan berkualitas, jangan lupa untuk membuat suasana tidur yang nyaman. Gunakan bantal dan selimut yang nyaman, serta hindari penggunaan ponsel atau perangkat elektronik lainnya sesaat sebelum tidur.

4. Lakukan aktivitas relaksasi

Sebelum tidur, lakukan aktivitas yang dapat membantumu merasa rileks seperti membaca buku atau mandi air hangat. Hal ini dapat membantumu untuk lebih mudah tidur dan mendapatkan waktu tidur cukup.

5. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu lho! Lakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau yoga, minimal 30 menit setiap hari. Badan sehat, tidur pun nyenyak!

Supaya tidurmu lebih nyenyak, coba produk Rock-A-Bye dan Dreamland Ticket dari Peek.Me yuk! Kedua produk tersebut dapat membantumu untuk dapatkan tidur yang berkualitas dan bebas gangguan. Siap-siap untuk say goodbye pada kurang tidur dan insomnia!

#HidupMenyeluruh #ArahKebaikan

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out