Apa Pentingnya Punya Keterhubungan untuk Kesehatan?

Saat ingin menjaga tubuh lebih sehat, pasti kita langsung tertuju pada perbaikan pola makan, olahraga, ataupun pola tidur. Namun, ternyata ada salah satu hal penting yang dapat berpengaruh signifikan pada kesehatan tubuh kamu. Ya, hubungan, relasi, dan koneksi dapat berdampak pada kesehatan kita secara holistik.

Terlepas dari kita seorang introvert atau ekstrovert, kita butuh memiliki keterhubungan dan hampir dalam segala bidang atau lingkup kehidupan kita bersinggugang dengan ini. Keterhubungan sosial dengan keluarga, teman-teman, atau bahkan komunitas kamu merupakan kebutuhan dasar manusia secara psikologis atau bisa dibilang sudah terprogram dalam DNA kita sebagai manusia (Deci & Ryan, 2000).

Tapi, apa sih hubungan sosial itu? Sesuai dengan jurnal penelitian tentang Social connectedness as a determinant of mental health: A scoping review oleh Plos One, menguraikan bahwa keterhubungan adalah sejauh mana seseorang memiliki jumlah, kualitas, dan keragaman hubungan diinginkan yang menghadirkan rasa belonging, diperhatikan, dihargai, serta didukung adalah keterhubungan sosial yang baik.

Social-connectedness meliputi kesehatan mental, fisik, life skills, dan well-being kita, karena saat kita berinteraksi hal-hal tersebut menjadi ‘modal’ menjalin keterhubungan serta aktivitas sosial. Hubungan merupakan hal yang kompleks, sehingga keterhubungan sosial lahir dari kebutuhan setiap preferensi individu untuk bersosialisasi serta peluang untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara rutin. 

Baik keterhubungan itu hadir dalam lingkup skala kecil maupun luas, disadur dari laman Glints, menjelaskan memiliki hubungan sosial yang baik secara sains pada kesehatan yaitu:

  • Mengurangi kecemasan, stres, dan depresi
  • Meningkatkan self-esteem
  • Menurunkan level kortisol dan menguatkan sistem ketahan tubuh
  • Meningkatkan 50% peluang umur lebih panjang
  • Meningkatkan fokus dan ingatan lebih kuat

Baca Juga: The Science of Happiness: Gimana Raih Bahagia Dalam hidup?

Tips Buat Jalin Hubungan Lebih Baik!

Ketika tidak adanya rasa keterhubungan sama sekali atau disconnection, maka kamu akan memiliki perasaan ‘loneliness’. Ketidakadaan hubungan mempengaruhi kesehatan kita, begitu juga saat kita berada dalam hubungan yang toksik. Oleh karena itu, dengan memahami seberapa penting makna keterhubungan dan mengenali koneksi kamu, makan akan mulai bisa mengidentifikasi hubungan seperti apa yang ingin dibangun. 

    Dilansir dari halaman Better Up, inilah tips agar kamu bangun koneksi yang sehat dan bermakna:

    1. Mulai dari diri kita

    Belajar untuk lebih aware pada setiap tindakan kita, ini akan sangat membantu mengembangkan koneksi dan interaksi yang sehat.

    2. Get outside your home and your head!

    Cobalah untuk melakukan less judgement, terkadang kita telah berpikir dan menduga apa yang dilakukan orang lain tanpa memastikannya terlebih dahulu. Kurangi self-talk yang negatif dan mulailah attract orang-orang yang ingin kamu ajak interaksi dan membuatmu lebih positif. 

    3. Be present

    Kurangi melihat gadget dan fokus serta berikan perhatian penuh pada apa yang mereka ceritakan atau katakan.

    4. Buat waktu berkualitas

    Lakukan kegiatan atau berpartisipasi pada acara seru bersama, jadwalkanlah secara rutin. 

    5. Berikan perhatian

    Perhatian dan kepedulian akan membangun rasa keterhubungan (Guerra & Bradshaw, 2008). Bentuk perhatian yang sederhana namun bermakna, yaitu mengingat hal-hal kecil seperti hari ulang tahun, peringatan momen spesial, atau hadir saat mereka membutuhkan.

    Salah satu perhatian kecil yang bermakna yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan memperhatikan kesehatan mereka. Kalian bisa memberikan perawatan produk kesehatan yang dapat tetap menjaga mereka meskipun saat tidak bisa berjumpa.

    Memilih produk kesehatan berkualitas bersama Peek.Me untuk memberikan perhatian bermakna bagi mereka yang berarti. Peek.Me menghadirkan produk alami untuk self-care routine hingga Natural Remedy yang dapat mengatasi permasalahan kesehatan sehari-hari, mulai dari alergi pernapasan, gangguan pencernaan, sakit kepala, dan lain-lainnya. 

    Produk Perawatan Diri dan Natural Remedy Peek.Me 100% alami berbasis aromaterapi yang aman untuk menjadi hadiah di momen spesial atau hanya sebagai bentuk kasih sayang bagi keluarga, teman, maupun orang-orang sekitarmu. Jadi, selalu ada cara buat memberikan perhatian meski dalam kesibukan kamu!

    Sumber:

    Glints

    Better Up

    #ConnectingActs #HealthyEveryWay

     

    Leave a comment

    All comments are moderated before being published

    Shop now

    WE TAKE CARE OF YOU

    Day and Night

    Big and Small

    Inside and Out