Mengenal Virus Adenovirus; Gejala, Penyebab, Cara Pencegahannya!

Adenovirus memberikan gejala yang terlihat seperti penyakit sehari-hari, namun dapat menyebabkan hepatitis akut misterius. Pahami cara pencegahannya dengan cara alami!

Peek.Me Friends, ngerasa nggak sih hari-hari ini banyak yang terkena sakit mulai dari flu & batuk,diare, infeksi saluran pernapasan, hingga pneumonia? Belum dapat dipastikan faktor pemicu penyebaran penyakit-penyakit ini, namun tentunya, faktor cuaca yang buruk serta kualitas udara yang semakin parah bisa menjadi pemicu banyaknya orang-orang sekitar yang mengalami sakit.

Salah satu virus yang sedang ramai diperbincangkan, bahkan dikatakan penyebab munculnya hepatitis akut misterius. Dilansir dari laman Alodokter, Adenovirus merupakan virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan, mata, paru-paru, hingga saluran pencernaan. Pentingnya untuk mengetahui virus ini agar kita dapat waspada, karena Adenovirus tergolong penyakit menular dan sangat mudah menyerang anak-anak karena ketahan tubuh yang masih rentan.

Disadur dari situs Medscape, memaparkan Adenovirus merupakan virus DNA yang dapat menginfeksi berbagai sistem organ, terutama penyebab infeksi saluran pernapasan tanpa gejala. Virus Adenovirus memiliki lebih dari 100 jenis virus dan 49 diantaranya dapat menginfeksi manusia. Virus ini sangat mudah menjangkit kita melalui penyebaran:

  • Menghirup percikan ludah (droplets) dari bersin atau batuk
  • Menyentuh benda-benda yang terkontaminasi virus
  • Menyentuh feses penderita infeksi virus

Adenovirus dikatakan bertahan pada tubuh selama 2 hari hingga 2 minggu. Peek.Me Friends perlu sangat waspada, karena gejala yang ditimbulkan dapat bervariasi, tergantung pada tipe virus Adenovirus apa yang menyerang kita, gejala-gejala yang dapat muncul yaitu: 

  • Batuk & Pilek
  • Sakit tenggorokan (faringitis)
  • Demam
  • Pink eye (infeksi konjungtivitis)
  • Diare
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Bronkitis
  • Radang paru-paru

Baca Juga: Musim Hujan Melanda, Jaga Daya Tahan Tubuh dengan 5 Tips Ini

Cegah Adenovirus dengan Alami!

Jika gejala bertambah parah, seperti gangguan pernapasan, pembengkakan area mata, demam yang tidak kunjung turun, dehidrasi, segeralah temui dokter dan lakukan pemeriksaan ya. 

Oleh karena adenovirus berbentuk virus, maka untuk diagnosanya, dokter perlu melakukan tes laboratorium. Beberapa jenis tes untuk memastikan diagnosis adenovirus, yaitu:

  • Tes darah dan urin
  • Tes swab dengan mengambil sampel lendir dari hidung
  • Tes feses
  • Rontgen dada untuk melihat kondisi paru-paru

Lakukan beberapa langkah ini untuk mengurangi risiko terkana virus Adenovirus agar melindungi diri dan keluarga:

  1. Jaga kebersihan

Tentunya, menjaga kebersihan adalah hal utama untuk mencegah virus. Seringlah mencuci tangan bersih, hindari menyentuh area wajah, bersihkan atau semprot disinfektan barang-barang kamu, dan gunakan masker saat keluar rumah.

  1. Konsumsi asupan bergizi

Melalui makanan sehat bernutrisi dan konsumsi air mineral yang banyak dapat mempercepat virus keluar atau bertahan dalam tubuh. Pola dan jenis makanan yang baik juga mendukung daya tahan tubuh kita melawan virus-virus pada tubuh.

  1. Hindari kontak dengan yang sedang sakit

Adenovirus ini terbilang sangat mudah menularkan, meskipun berada di satu rumah, baiknya pisahkan diri dan batasi kontak selama 1-2 hari terutama dengan anak-anak atau anggota keluarga yang rentan terkena sakit.

  1. Gunakan Humidifier

Faktor kualitas udara yang juga sangat mempengaruhi virus masuk dan berada dalam rumah atau ruangan tertutup. Peek.Me Friends bisa gunakan humidifier untuk membersihkan virus dari udara ruangan. Kalian juga bisa melakukan nasal rinse serta mengaplikasikan pelembab pada area hidung & mulut agar meminimalisir virus masuk ke dalam tubuh, terutama saluran pernapasan kamu.

  1. Jaga ketahanan tubuh dengan Immuno

DIkutip dari situs Halodoc, Adenovirus mudah ditularkan ketika kita memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Imunitas tubuh adalah hasil kerja sama antara sel darah putih yang berperan dalam melawan virus masuk, jaringan antibodi, dan sistem limfatik. Jadi, daya tahan tubuh punya peran penting dalam menjaga dari infeksi virus serta pemulihan tubuhmu.

Immuno dapat meningkatkan atau boost imun kamu dengan kandungan formulasi campuran aromaterapi untuk menghalau virus, kuman, dan bakteri. 3 kandungan natural utama Immuno yaitu Majoram EO bekerja untuk detoksifikasi tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan kamu, Ginger EO berperan sebagai sesquiterpene untuk jaga saluran pernapasan tetap sehat, dan Lavender EO bersifat antimikroba untuk menstimulasi respon fagositosis serta mengurangi inflamasi.

Hadir dengan isi 50% ekstra lebih banyak dan aplikator roll on untuk menjaga daya tahan tubuh dalam segala aktivitas! Immuno 100% alami aman untuk anak 2 tahun ke atas, Ibu hamil dan menyusui. Semoga Peek.Me Friends sehat selalu, ya. 

Sumber:

Halodoc

Alodokter

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out