Atasi Jerawat Sampai Akarnya dengan Perawatan Holistik

Sudah coba segala cara tapi jerawat terus muncul? Melalui ayurveda sebagai pengobatan holistik bisa menghempas jerawat sampai akarnya. Simak tipsnya, yuk!

Persoalan rutin tiap bulan yang bikin lelah dan insecure, ya, jerawat! Sering sekali mendengar dan menemukan isu jerawat ini banyak dialami oleh orang di Indonesia, baik wanita maupun pria. Ternyata nggak mengejutkan, karena dari kacamata ayurveda, faktor lingkungan terutama cuaca panas berdampak besar dengan permasalahan jerawat ini.

Dikutip dari laman Antara, penelitian oleh Herdyanti & Mansoor mencatat bahwa 57% penderita jerawat di Indonesia berusia 18-24, sedangkan 38% berusia 25-34 tahun. Indonesia, sebagai negara tropis memiliki suhu udara yang lebih panas, sehingga banyak dari kita mengalami jerawat atau acne prone skin.

Mengapa kita perlu menilik persoalan jerawat dari kacamata ayurveda? Karena, banyak insight menarik yang memudahkan kita memahami akar permasalahan jerawat. Ayurveda merupakan sistem pengobatan tradisional berasal dari India yang memberikan perawatan holistik.

Jerawat merupakan akibat dari ketidakseimbangan dalam tubuh, melalui pemahaman ayurveda akan memberikan metode untuk menjaga keharmonisan internal kita dari pola makan dan praktik gaya hidup dengan cara alami.

Dalam pengobatan ayurveda, setiap kita memiliki ‘dosha’ yang merupakan pusat dari bio-energi. masing-masing kita memiliki elemen energi berbeda, untuk kasus permasalahan jerawat akan lebih sering muncul bagi kita yang memiliki 'dosha pitta' atau elemen api yang lebih dominan. 

Seperti yang telah dipaparkan diatas, cuaca panas mempengaruhi munculnya jerawat, terutama bagi kita yang memiliki elemen energi api dominan, akan mudah mengalami panas berlebih dan akhirnya menyebabkan peradangan dan inflamasi dalam tubuh. Tidak hanya jerawat, tapi permasalahan kulit lainnya seperti kulit sensitif, timbulnya ruam, atau munculnya eksim akan muncul ketika sistem tubuh mengalami peradangan.

Baca Juga: Wajah Auto Glowing dengan Face Yoga Bareng Glow To Go!

5 Skincare Holistik untuk Hempas Jerawat Kamu!

Disadur dari kanal youtube Zia Kusumawardini, sebagai praktisi ayurveda, membagikan 5 pilar skincare holistik untuk menangani persoalan jerawat yang bisa kalian coba praktekan.

1. Menjaga pikiran

Sering nggak, Peek.Me Friends mengalami waktu stres berat jerawat ikut tambah banyak? Ini disebabkan saat emosi negatif atau range emosi kita besar, panas tubuh muncul ke permukaan dan bisa memunculkan jerawat. Intinya, jagalah pikiran dan emosi kita selalu ‘adem’ dan lakukan hal-hal yang menenangkan emosi kita seperti meditasi, grounding, atau kegiatan yang membuat mental kita selalu sehat.

2. Pencernaan sehat dengan asupan bernutrisi

Sistem pencernaan merupakan area tubuh dengan suhu paling panas, terutama pada bagian liver atau hati yang berperan untuk detoksifikasi. Ingat, jerawat bukan hanya masalah kulit, tapi juga merupakan tanda ketidakseimbangan internal. 

Hindari 7 makanan yang dikenal sangat berdampak memunculkan jerawat karena mudah memicu peradangan, yaitu:

  • Makanan dengan proses di goreng
  • Cabai atau cengek 
  • Minyak sawit 
  • Diary
  • Tepung
  • Gula

3. Hindari begadang

Tubuh akan melakukan detoksifikasi pada jam 11 malam hingga 3 pagi, ketika kita tidak beristirahat melalui tidur maka racun dalam tubuh tidak keluar, lalu racun tersebut lalu akan dikeluarkan melalui jerawat.

4. Olahraga di saat siang hari

Pada siang hari, tepatnya pukul 10 pagi hingga 2 siang, ‘dosha pitta’ atau elemen energi api kita sedang sangat dominan. Berolahraga di terik matahari akan sangat mudah membuat tubuh kita mengalami panas berlebih karena meningkatkan ‘dosha pitta’ dalam tubuh. Temperatur panas tubuh yang naik akan mudah memunculkan jerawat. Jadi, baiknya lakukan olahraga di siang dan sore hari, ya Peek.Me Friends.

5. Gunakan Bahan Alami

Pengobatan ayurveda untuk menghempas jerawat yaitu melalui bahan-bahan natural yang memberikan efek ‘cooling down’ pada inflamasi atau peradangan. Bahan-bahan yang bisa kamu aplikasikan baik dimakan secara langsung atau dengan cara topikal:

  • Kunyit atau turmeric : bermanfaat menurunkan peradangan
  • Daun Mint : memberikan efek menyejukan secara internal
  • Daun nimba atau neem leaves : mengurangi peradangan
  • Aloe vera : menurunkan panas berlebih
  • Bunga mawar : memberikan efek cooling down

Selain bisa menggunakan bahan-bahan alami diatas, kalian juga bisa coba aplikasikan Glow To Go, sebagai skincare anti acne natural yang dapat membantu mengatasi jerawat muncul dan juga menghilangkan bekas jerawat.

Glow To Go, memiliki kandungan Turmeric dan Rosehip essential oil yang dapat menurunkan inflamasi pada kulit serta memperbaiki skin barrier kamu, lho. Gunakan Glow To Go pada area berjerawat dan bekas jerawat secara rutin, gak hanya jerawat hilang tapi juga membuat wajah menjadi glowing!

Sumber:

Zia Kusumawardini

Times of India 

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out