Tahukah Pola Makan Sehat Bisa Menurunkan Gejala Depresi? Ini Penelitiannya!

Kita selalu berpikir, waktu mengalami gejala depresi seperti stres, cemas, atau mood yang lagi jelek, seringkali akan memilih makanan atau minuman yang rasanya akan ‘boost’ diri kita untuk merasa lebih baik. Namun, hal yang kerap terjadi, kita memilih makanan dan minuman yang mengandung kafein, tinggi kadar gula, atau cemilan-cemilan yang tidak sehat. Ternyata, pola makan yang terus terjadi seperti ini, justru hanya menurunkan rasa stres kita sejenak dan akhirnya kembali merasakan gejala depresi tersebut.

Menariknya, fakta yang tepat adalah pola makan sehat seberpengaruh itu terhadap suasana hati dan kesejahteraan mental. Dilansir dalam kontennya, Bandoro MD, seorang konsultan kesehatan mental dan optimasi kinerja otak, menyatakan bahwa hal ini berdasarkan riset dan bukan hanya karena sugesti. 

Penelitian dari ilmuwan Australia mengumpulkan 67 partisipan depresi klinis dan membaginya ke dalam 2 kelompok. Selama 12 minggu kedua kelompok ini diberi 7 sesi konsultasi, dengan perbedaan, kelompok satu hanya diberi emotional support, sedangkan kelompok satunya lagi, diberi dukungan emosional dan strategi diet mediterania oleh ahli gizi. 

Hasilnya, skor depresi pada kelompok dengan strategi diet mediterania turun lebih signifikan. Sebanyak 1/3 partisipan berhasil menurunkan gejala depresi, sedangkan kelompok yang hanya mendapat dukungan emosional tanpa pola makan sehat, remisinya atau gejala depresi yang berkurang tidak mencapai 1/10 dari partisipan.

Menurut riset disadur dari situs Better Health, mengatakan makanan olahan terutama dengan kadar gula tinggi dan proses masak digoreng berdampak:

  • Membuat jadi hiperaktif
  • Konsentrasi dan fokus rendah serta rasa kelelahan berlebih
  • Memicu munculnya depresi dan rasa cemas

So, healthy food is good for your mood!

Baca Juga: Cara Mengatasi Stress Eating dengan Metode STOP!

Jika kamu sedang merasa cemas, stres, ataupun depresi, diet mediterania bisa dicoba untuk dipraktekan. Diet mediterania menunjukan dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental. 

Diet mediterania merupakan pola makan yang menekankan pada pola makan sehat, biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan membatasi makanan olahan dan instan.

Buat kamu yang mau menerapkan diet ini, cobalah dengan langkah sederhana:

  1. Ganti penggunaan minyak dengan extra virgin oil
  2. Sedia kacang-kacangan untuk mengganti cemilan olahan
  3. Perbanyakan konsumsi sayur dengan berbagai varian
  4. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi 
  5. Makan lebih sedikit daging dan perbanyak konsumsi ikan
  6. Kurangi makanan, cemilan, dessert yang berlemak tinggi
  7. Gunakan sayuran segar dan berkualitas tinggi

Selain melakukan diet pola makan sehat, Peek.Me Friends juga bisa sediakan inhaler Bye Bye Laper dan Hello Sunshine, lho! Menemani sekaligus membantu kamu menerapkan diet sehat dalam mengurangi gejala depresi.

Bye Bye Laper dapat membantu kamu mengontrol kebiasaan ngemil dan makan berlebih saat menerapkan pola makan sehat. Berbasis 100% aromaterapi, sehingga aman untuk kamu hirup kapanpun dibutuhkan.

Mengurangi gejala depresi dan rasa khawatir yang menghinggapi, inhaler Hello Sunshine akan membantu untuk membawa kepada kondisi mental yang lebih tenang, sehingga pikiran terasa lebih jernih untuk keluar dari persoalan depresi setiap harinya.

Sumber:

Bandoro MD

Better Health

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out