Cara Keluar dari Siklus Tidur yang Buruk!

Sering terjebak dalam siklus tidur yang buruk? Hal yang perlu kamu lakukan adalah menyetel ulang jam biologis dan tingkatkan produksi hormon melatonin kamu. Simak tipsnya, disini!

Rencana mau benerin tidur, tapi akhirnya mengulang siklus yang sama? Ternyata benerin tidur itu gak hanya soal set jadwal tidur, tapi banyak layer yang perlu kita pahami agar tidak ‘terjebak’ terus menerus di siklus tidur yang buruk. 

Dilansir dari laman BBC, pola tidur yang buruk itu mempengaruhi kesehatan fisik dan state of being kamu. Istirahat tidur merupakan kesempatan untuk reset sistem saraf otonom kita yang dapat mengurangi stres dan memperbaiki kesehatan fisik juga mental.

Menurut penelitian kurang beristirahat bisa menyebabkan:

  • Gula darah naik
  • Sering merasa lapar dan makan berlebih
  • Mengacaukan DNA
  • Memicu obesitas
  • Mengurangi fungsi kognitif
  • Membuat mudah terkena diabetes tipe-2
  • Emosi dan pikiran negatif lebih meningkat
  • Membuat mood lebih mudah berantakan

Oleh karena itu, mungkin kamu sering mengarasa "padahal hanya kurang tidur tapi kok otak jadi lemot, linglung, dan mudah stres atau overthinking?' Dalam proses tidur kita membutuhkan pikiran dan tubuh yang rileks agar lebih mudah beristirahat serta mendapatkan waktu tidur berkualitas.  

Lantas, mengapa banyak sekali ddari kita yang terjebak pada siklus tidur yang buruk? Berdasarkan riset oleh Profesor Russel Fostser dari Universitas Oxford membandingkan saat ini orang-orang memiliki waktu istirahat lebih sedikit dibandingkan 60 tahun lalu. 

Era di masa kini yang serba cepat membuat konsep produktivitas sebagai kunci kesuksesan. Sehingga, hal ini mendorong kita terus bekerja dan tidak terlalu ‘aware’ akan pentingnya istirahat yang akhirnya membuat kita ‘terjebak’ pada siklus tidur yang buruk.

Memperbaiki pola tidur disebabkan oleh berbagai faktor inilah yang membuat kita bingung dari mana memulai untuk keluar dari siklus tidur yang buruk. Jadi, yuk langsung cek tipsnya!

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ternyata Ini Lho Pentingnya Tidur Cukup

Menurut Vishal Dasani, sebagai sleep coach dan founder dari whitenoise.id memaparkan cara untuk keluar dari siklus tidur yang buruk adalah dengan menyetel ulang jam biologis kamu.

Memperbaiki ritme sirkadian yang mengatur jam biologis lebih sehat akan mempermudah proses tidur kamu lebih teratur. Selain itu,  meningkatkan hormon melatonin yang berperan dalam mengatur pola tidur kita juga penting dilakukan agar proses tidur lebih cepat dan berkualitas.

5 hal yang bisa kalian lakukan untuk keluar dari siklus tidur yang buruk, yaitu:

1. Active lifestyle

Olahraga teratur akan mempermudah proses tidur dan juga membuat waktu beristirahat lebih berkualitas.

2. Konsumsi makanan mengandung triptofan

Asupan makanan seperti daging ayam, kalkun, susu, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan produksi hormon melatonin kamu.

3. Kena paparan sinar matahari

Berjemur atau jalan di pagi dan siang hari akan membuat paparan sinar matahari yang masuk berdampak padad ritme sirkadian menjadi lebih sehat serta memberi sinyal ke otak bahwa ini merupakan siang hari dimana waktu untuk bangun dan beraktivitas.

4. Redupkan cahaya gadget

Kalau kamu harus bekerja pada malam hari, gunakan night mode pada settingan layar gadget. Cahaya yang terang dari gadget akan membuat ritme sirkadian kita bingung waktu siang dan malam, sehingga kita gagal mengantuk.

5. Oleskan Rock-A-Bye Oil

Gunakan Rock-A-Bye Oil pada bagian dada dan belakang leher, 30 menit sebelum tidur. Roller essential oil ini mengandung Marjoram EO yang dapat mengurangi rasa cemas dan overthinking serta Roman Chamomile EO untuk memberikan relaksasi pada tubuh dan pikiran.

Oleskan Rock-A-Bye Oil untuk memudahkan kamu istirahat lebih cepat, mengatasi insomnia, dan bantu membuat waktu tidur lebih berkualitas. Padukan dengan Dreamland Ticket sebagai spray aromaterapi yang alami untuk membantumu mencapai fase deep sleep dan tidur yang nyenyak.

So, have a good night Peek.Me Friends!

Sumber:

BBC

Vishal Dasani

#HeallthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out