Sering Gatal Hingga Luka di Kaki? Inilah Cara Atasi Dermatitis Stasis

Gejala eksim gatal dan luka di kaki? Yuk, kenali Dermatitis Stasis dan cara mengobatinya dengan cara alami!

Apakah Peek.Me Friends pernah mengalami eksim dengan gejala gatal, bersisik, hingga timbul luka di kaki? Bisa jadi itu adalah Dermatitis Statis atau dikenal juga dengan nama Dermatitis Vena. Dilansir dari laman American Academy of Dermatology Association, mengatakan bahwa sekitar 15-20 juta orang di Amerika berusia 50 tahun keatas mengalami dermatitis statis.

Eksim tipe ini disebabkan karena peradangan kulit akibat sirkulasi darah saluran vena yang tidak lancar dari kaki ke jantung, sehingga darah kembali ke kaki lalu menumpuk. Hal ini terjadi biasanya ketika kita duduk atau berdiri terlalu lama dan tidak melakukan olahraga yang membuat aliran darah tersendat , sehingga detak jantung jadi melemah.

Ciri-ciri dermatitis stasis diawali dengan perubahan warna kemerahan dan rasa gatal yang biasanya terjadi pada kaki bagian bawah. Gejala-gejala yang timbul, yaitu:

  • Kaki terasa berat dan nyeri saat berjalan
  • Kaki tampak bengkak
  • Kulit kaki terasa kasar, bergelombang, tebal, atau bersisik pada area eksim
  • Timbul luka di kaki

Baca Juga: Mengapa Perawatan Alami Lebih Baik untuk Meredakan Eksim?

Cara Menyembuhkan Dermatitis Stasis

1. Lakukan aktivitas fisik

Disadur dari Jurnal kedokteran Indonesia, memaparkan faktor resiko pada pasien yang mengalami dermatitis stasis salah satunya yaitu karena obesitas. Oleh karena itu, olahraga begitu penting untuk menjaga aliran darah tidak tersendat lemak serta memompa saluran vena jantung lebih kuat.

Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang efektif mengatasi gejala dermatitis statis. Juga, kamu bisa coba untuk menaikan posisi kaki selama 15 menit setiap 2 jam sekali agar sirkulasi darah lancar.

2. Terapi Kompresi

Kedua, kamu bisa mencoba membungkus kaki dengan perban atau stocking yang memberi tekanan pada kaki untuk meningkatkan laju aliran darah yang menumpuk di kaki. 

3. Jaga area kulit lembab

Ketika mengalami dermatitis statis, kulit menjadi lebih sensitif dan rentan luka. Hindari dari produk pembersih rumah tangga yang mengandung senyawa kimia berbahaya untuk kulit dan pastikan gunakan pelembab yang bebas dari pewangi atau fragrance free

4. Oleskan Dermarest

Roll on minyak aromaterapi untuk meredakan mulai dari gatal, ruam kemerahan, hingga dapat menyembuhkan bekas luka eksim. Diformulasi dengan 3 kandungan herbal utama yaitu; Calendula essential oil yang bantu menyembuh radang pada kulit, Geranium essential oil untuk meredakan gatal, dan Sandalwood essential oil sebagai anti alergi yang dapat memulihkan bekas luka eksim. Seluruh kandungan Dermarest 100% alami dan aman untuk meredakan eksim di saat kumat.

Sumber:

Alodokter

American Academy of Dermatology Association

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay 

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out