Riset Wanita Lebih Rentan Terkena Burnout?

Ladies, pernah nggak merasa sebagai kaum wanita kok rasanya lebih mudah ngerasa burnout ya? Beberapa survei mengatakan bahwa wanita lebih rentan terkena burnout, lho. Pertama, dilansir dari laman CNBC menyatakan 46% pekerja perempuan mengalami burnout di tempat kerja, sedangkan laki-laki sebanyak 37%. 

Kedua, disadur dari halaman Naluri yang melakukan riset kepada 13.000 karyawan dari Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, dan FIlipina mengatakan 60% karyawan wanita melaporkan tingkat burnout yang tinggi, yaitu 1,25 kali lebih tinggi dibanding laki-laki.

sumber: https://www.naluri.life/id/news-and-reports/wanita-lebih-rentan-terhadap-burnout-menurut-studi-dari-naluri

Penyebab wanita mengalami lebih mudah terkena burnout adalah karena beban ganda akibat berbagai peran yang perlu dijalani. Berdasarkan survei oleh Lean In, perempuan memiliki 5x lebih banyak tanggung jawab dalam mengasuh anak dan pekerjaan rumah. Hal lainnya, juga disebabkan oleh siklus hormonal setiap bulan yang dialami wanita mempengaruhi kestabilan emosi, mood, dan juga ketahan fisik.

Kalau kamu relate, yuk kita pahami lebih dalam sebenarnya apa sih burnout itu? Dikutip dari situs Prudential yang diambil dari kamus American Psychological Association, burnout merupakan keadaan kelelahan fisik dan emosional yang disertai dengan penurunan motivasi, kinerja, dan munculnya sikap negatif terhadap diri sendiri serta orang lain. 

Ada 3 cara mengenali kondisi kamu ketika merasa burnout menurut psikoterapi, Lauren Braid, yakni:

  • Kelelahan mental : akibat memikul begitu banyak tanggung jawab
  • Depersonalisasi : saat tubuh, pikiran, dan mental tidak terkoneksi
  • Pencapaian yang menurun : merasa mentok dalam melakukan segala hal

Berbeda dengan stres, burnout  justru adalah kondisi saat stres telah menumpuk selama beberapa periode waktu dan tidak lagi memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Kita menginvestasikan terlalu banyak emosi, pikiran, bahkan fisik tanpa adanya upaya memulihkan atau menyimbangkan diri.

Namun, masalahnya seringkali kita tidak menyadari kondisi burnout sampai terlambat, setuju nggak Peek.Me Friends? Terutama di saat terus penuh dengan kesibukan. Kita biasanya menyadari kondisi ini saat sudah berada pada tahap lelah berlebihan dan rasanya tidak sanggup melakukan pekerjaan.

Nah, kamu bisa cek ciri-ciri fisik yang terjadi waktu kamu merasa burnout yaitu;

  1. Badan terasa cepat lelah
  2. Mengalami kesulitan tidur atau insomnia
  3. Penurunan nafsu makan
  4. Sering merasa sakit kepala ataupun nyeri otot

Tidak hanya berdampak pada fisik, hal utama yang terdampak adalah kesehatan mental kamu. Ciri-ciri psikologis ketika mengalami burnout:

  1. Kekurangan motivasi
  2. Meragukan diri sendiri
  3. Cenderung merasa gagal atau kesepian
  4. Sulit merasa puas dalam hidup

Baca Juga: Ciri-Ciri Burnout dan Cara Menanganinya

Jika dilihat, penyebab burnout adalah rasa stres tingkat tinggi yang berkepanjangan. Oleh karena itu solusi yang bisa kamu lakukan adalah bagaimana bisa melewati siklus stres dan bukan terjebak di dalamnya. 5 tips yang bisa Peek.Me Friends lakukan dalam mengurangi stres:

Istirahat dan Rekreasi

Istirahat dengan tidur yang cukup dan hindari begadang dan luangkan waktu di akhir pekan melakukan hal yang membuat bahagia ataupun menenangkan.


Olahraga dan Aktivitas Fisik

Rutin melakukan olahraga dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Ladies, kamu bisa mulai dengan cara mudah seperti jalan kaki atau mengikuti kelas dan komunitas olahraga.


Ikuti Terapi dan Konseling

Saat ini rasanya telah banyak platform yang menawarkan jasa terapi dan konseling untuk bantu meraih kesejahteraan mental. Hal ini akan sangat membantu kamu mengetahui inti masalah yang membuat pikiran dan emosi yang berkaitan muncul dalam diri. 


Menentukan Prioritas dan Mengatur Jadwal

Meskipun terlihat sepele, namun ketika kita merasa burnout, menuliskan skala prioritas dan to-do-list akan sangat membantu buat kita fokus dan pikiran tidak terasa berantakan. Hal yang tidak kalah penting adalah berani mengatakan tidak jika loads kerjaan kamu susah terlalu sibuk. 


Hirup Mellow Free

Inhaler penenang alami dari rasa stres! Mellow Free engandung Cananga essential oil yang memberikan efek sedatif atau menenangkan pikiran serta membuat badan jadi auto rileks. Minyak atsiri yang dikenal dapat memberi dampak efek psikologis, sehingga Mellow Free bisa kamu gunakan saat kamu merasa tertekan, pikiran mentok, dan mood yang lagi gak stabil. Aroma Sweet Orange EO dalam Mellow Free menyegarkan diri kamu menjadi lebih positif dan optimis.

Jadi, ladies yuk mulai rawat kesehatan mental kamu sebagai bentuk self-love bagi diri kita sendiri!

Sumber:

CNBC

Suara.com

Prudential

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out