Tips Pola Tidur Lebih Nyaman Bagi Penderita GERD

Tidur 2-3 jam setelah makan dengan posisi tidur yang tepat berdampak signifikan membuat tidur nyaman tanpa GERD naik!

Bagi Peek.Me Friends yang sedang mengalami GERD, pasti setuju jika gejala GERD seperti asam lambung naik dan sensasi panas di dada atau heartburn dapat muncul kapanpun. Selain mengganggu aktivitas di siang hari, gejala-gejala ini pun menjadi tantangan saat akan tidur malam hari. 

Pernah gak kalian mengalami cemas saat mau tidur karena takut gejala GERD muncul ataupun perut terus menerus terasa tidak nyaman? Hal ini disebabkan pada saat kita berbaring, posisi tubuh dan gravitasi tidak membantu menjaga asam lambung di tempatnya, sehingga meningkatkan reflux di lambung. Selain itu saat kita tidur produksi air liur yang dapat bantu mendorong asam lambung berkurang.

Sebelumnya, mari kita pahami dulu bahwa GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease terjadi ketika otot pada bagian esofagus atau katup lambung lemah, sehingga asam lambung naik hingga kerongkongan. Sensasi gejala yang dialami terkadang berbeda pada setiap orang, oleh karena itu GERD dikenal dengan ‘penyakit 1000 sensasi’.

Menurut penelitian dilansir dari laman Healthline, sekitar kurang lebih 80% orang yang memiliki GERD mengalami munculnya gejala-gejala pada malam hari dengan sensasi yang muncul seperti rasa terbakar di dada dan tenggorokan, sehingga mengganggu kualitas tidur kita.

Berdasarkan survey dari Sleep Foundation, memaparkan hampir 60% penderita GERD yang mengalami sensasi gejala heartburn mengungkapkan bahwa gejala sakit GERD mempengaruhi pola tidur mereka dan terbukti memiliki kualitas tidur lebih rendah. Memahami bagaimana GERD mempengaruhi tidur dan cara mengelola gejalanya adalah langkah penting untuk meningkatkan kesehatan pola tidur. 

Baca Juga: Mengenal Maag dan GERD, Apa Sih Itu?

Melalui kontennya dari media sosial Instagram, Vishal Dasani, founder dari White Noise sekaligus penulis buku ‘Sleep Healing’ serta seorang pengajar sleep coaching, menyatakan bahwa dengan mengadopsi perubahan gaya hidup adalah kunci untuk mengelola GERD.

Jadi tips pola tidur lebih baik dan nyaman bagi kalian yang memiliki GERD tidak hanya soal waktu tapi juga melingkupi cara pola makan, gaya hidup lebih sehat & teratur, serta posisi tidur yang tepat. Langsung simak tipsnya disini yuk:

1. Pola Makan

Mulailah dengan pola makan sehat dengan menghindari makanan pemicu seperti makanan pedas & asam serta asupan berminyak serta berlemak tinggi. Kamu bisa mengatur porsi lebih besar  pada makan siang agar lebih memiliki banyak waktu untuk lambung mencerna setiap makanan. Pastikan makan dengan porsi yang cukup dan makanlah di waktu yang sama atau teratur.

Disarankan untuk makan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur atau berbaring. Jangan lupa pastikan duduk tegak setiap habis makan, karana gerakan membungkuk atau menyender serta mengangkat beban terlalu berat akan meningkatkan tekanan di perut yang kemudian memperparah gejala refluks. 

2. Posisi Tidur

Ya, memilih posisi tidur yang tepat adalah langkah sederhana namun efektif dalam mengelola gejala GERD. Tidurlah dengan posisi menyamping ke kiri karena dapat mengurangi refluks asam karena menjaga hubungan antara lambung dan esofagus. Peek.Me Friends juga bisa menggunakan bantal tambahan agar posisi kepala lebih tinggi.

3. Sleep Hygiene

Menurut penelitian, GERD sangat berkorelasi dengan emosi stres dan cemas, Karena dapat meningkatkan produksi asam pada lambung. Sleep hygiene yang baik dapat membuat pikiran dan tubuh lebih rileks dalam proses tidur. Jadi, siapkan sausana tidur senyaman mungkin. Gunakan baju tidur yang bersih, nyaman dan tidak ketat atau menekan pada bagian lambung. 

Membuat proses tidurmu lebih rileks dan nyaman, kalian bisa semprotkan Dreamland Ticket! Memiliki kandung Lavender EO yang dikenal sebagai ‘the sleep support oil’ yang membantu relaksasi mental maupun tubuh. Spray aromaterapi ini juga mendukung kamu mencapai fase tidur deep sleep sepanjang malam.

4. Oleskan Indi Blend

Roll on aromatherapy yang diformulasi fokus untuk meringankan gejala-gejala GERD, oleskan secara teratur setiap malam sambil pijat searah jarum jam hingga meresap untuk membuat perut terasa lebih nyaman saat berbaring.

Jangan sampan GERD menghambat kamu memiliki  tidur cukup dan berkualitas, karena tidur itu kunci buat menjalani hidup sehat dan produktif!


Sumber:

Sleep Foundation

Healthline

GoodRx Health

#HealthyLittleHabits #HealthyEveryWay

Leave a comment

All comments are moderated before being published

Shop now

WE TAKE CARE OF YOU

Day and Night

Big and Small

Inside and Out